Selasa, 17 April 2012

Robot Edukasi untuk Pembelajar Robotik



Robot Edukasi
 merupakan robot edukasi yang menggunakan robot controller berbasis mikrokontroler Microchip PICatau Atmel AVR yang dikembangkan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.
Robot Edukasi dilengkapi dengan sejumlah komponen pendukung seperti motor DC (lengkap dengan gear box dan roda), dukungan terhadap motor servoline sensorsound sensorlight sensortouch sensor, dan modul infrared modulated receiver. Selain itu, tersedia sejumlah sensor tambahan yang bersifat opsional, seperti sensor temperatursensor ultrasoniksensor api, dan yang lainnya.
Robot Edukasi dapat digunakan untuk pembelajaran otomasi, mengingat sejumlah pernak-pernik pendukung pembelajaran tersebut sudah ditanam di dalamnya.
Set sudah dilengkapi hardware programmer USB atau Parallel. Dengan demikian, pengguna laptop terkini, yang umumnya hanya dilengkapi dengan port USB, dapat melakukan pemrograman dengan mudah dan nyaman.
Banyak aplikasi robotik yang bisa dikembangkan dengan set ini, seperti: robot line followerrobot light followerrobot obstacle avoidanceremote controlled robot,robot pemadam apirobot sumo, dan yang lainnya. Aplikasi-aplikasi ini dibahas tuntas dalam kelas pelatihan Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya dalam Robotik, sekaligus ditunjukkan bahwa mengembangkan aplikasi robotik tidaklah serumit dan sesulit yang dibayangkan.
Robot Edukasi dapat diprogram dengan Bahasa CBASICPascal, serta Flowchart.
Dalam waktu dekat, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center akan meluncurkan buku pembelajaran robotik yang membahas Robot Edukasi secara komprehensif –Bermain Mikrokontroler dan Robotika.
GBU~

0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post Home