Jumat, 11 Januari 2013

Mondex International Chip - 666

Beberapa waktu yang lalu saat saya mendapatkan sebuah email dari seorang sahabat. Isi email ini adalah kabar tentang peluncuran sebuah chip yang diadakan tanggal 12 Mei 2009 dan dikatakan bahwa yang meluncurkannya adalah sebuah organisasi yang bernama Mondex International. Diyakini oleh beberapa orang bahwa peristiwa ini menggenapi kitab Wahyu 13, tentang penggunaan tanda 666 oleh Antikristus kepada semua orang yang berada di bumi ini. (ntuk lebih jelasnya baca Wahyu 13:16-18). Beberapa hari kemudian saya pun mendapatkan sms dari seseorang yang mengingatkan bahwa dengan peluncuran tersebut maka era Antikris pun dimulai. Tak hanya itu saja, beberapa saat yang lalu saya juga mendapatkan sebuah sms yang juga mempertanyakan hal yang serupa (yang mengagetkan saya, orang yang bertanya adalah seorang mahasiswa sebuah sekolah theologia).

Hal ini sangat memprihatinkan saya. Karena hal ini menunjukkan kondisi yang sesungguhnya dari jemaat-jemaat yang ada. Yang pertama, kejadian ini menunjukkan bahwa masih banyak orang Kristen yang mudah terprovokasi, sangat reaktif, dan menyukai hal-hal yang sifatnya fenomenal dan kontroversial. Jemaat masih belum memiliki daya nalar yang kritis dalam menyikapi hal-hal yang ada. Kedua, hal ini menunjukkan betapa minimnya pemahaman jemaat akan Alkitab dan imannya sendiri.

Bagaimana kita seharusnya menyikapi hal ini? 
Di bawah ini saya akan memaparkan beberapa poin yang menurut saya harus kita perhatikan:

1. Berita-berita ini bukanlah berita yang baru. Tentunya kita masih ingat sekitar tahun 90an. Ada sebuah buku yang pernah membahas bahwa barcode adalah sebuah tanda yang akan dipakai oleh Antikristus. Barcode dipahami sebagai cikap bakal tanda 666 yang dipakai oleh Antikristus. Belum lama ini, jemaat juga dihebohkan ole isu tentang AXIS. Jadi, berita-berita ini sebenarnya bukanlah kabar baru. Ini adalah kabar basi (tapi anehnya kok masih tetap laku) apalagi sekarang menggunakan sms berantai (mungkinkah karena pulsa sekarang murah ya).

2. Kabar tentang peluncuran chip hanya heboh di Indonesia saja. Coba saja search di Google, anehnya tidak ada berita dari luar yang membahas hal tersebut. Hanya artikel-artikel berbahasa Indonesia saja yang membahas tentang hal ini (aneh bin ajaib ya). Tentang Mondex, saya mendapatkan info bahwa Mondex International adalah perusahaan yang membuat dan menerbitkan chip untuk kartu kredit dan juga penerbit dompet elektronik yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh MasterCard International. Mondex pertama kali beroperasi pada tahun 1997 di Canada dengan produk andalannya yaitu Smartcard Mondex Wallet, sebuah kartu dengan microchip untuk menarik sejumlah uang di ATM, digunakan sebagai kartu telepon umum dan berbagai fungsi yang lain. Yang harus diingat bahwa Mondex International bukanlah pembuat BioChip namun SmartCard. Bio Chip sampai saat ini tidak digunakan untuk alat pembayaran namun hanya (dan sudah digunakan) sebagai alat bantu medis. 

3. Yang lebih penting adalah "bagaimana kita menafsirkan tanda 666" dalam kitab Wahyu 13 tersebut? Pertama yang harus diingat adalah bahwa kitab Wahyu adalah sebuah kitab yang memiliki genre sastra apokaliptik. Salah satu ciri khasnya adalah memakai banyak simbol-simbol (yang berarti tidak boleh ditafsirkan secara hurufiah) yang diambil dari Perjanjian Lama. Penafsiran tentang 666 yang merupakan sebuah cap yang akan dipasang secara hurufiah pada tangan dan dahi manusia adalah penafsiran dari kalangan Kristen fundamentalis - dispensionalis, yang banyak berbicara tentang akhir jaman disertai dengan diagram. Buku-buku dari golongan ini banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sehingga membuat teori ini banyak dikenal oleh orang Kristen di Indonesia. Selain itu, teori ini juga membuat kisah akhir jaman menjadi menarik seperti cerita film. 

Karena kitab Wahyu adalah sebuah tulisan dengan genre apokaliptik maka kita harus juga menafsirkannya dengan genre tersebut. Bagaimana menafsirkannya?

Angka 6
 dalam Alkitab adalah angka manusia (karena manusia diciptakan pada hari ke-6), sedangkan angka 3 adalah angka Tuhan (misal Trinitas). Dengan demikian angka 6 yang berjejer sebanyak 3 (666) sebenarnya menunjuk kepada manusia yang menjadi allah atas dirinya sendiri. Ini juga sebenarnya arti kata dari "Antikristus", yaitu orang yang melawan atau menggantikan posisi Kristus. Bukankah hal ini yang sebenarnya harus lebih kita waspadai? Isu terutama di sini adalah "Siapakah yang menjadi Tuhan dalam hidup anda?" Walaupun anda mungkin tidak menggunakan chip 666 (itu pun kalau ada) tapi kalau anda-lah yang menjadi penentu mutlak atas seluruh keputusan dalam hidupmu, maka anda sudah menggunakan cap ini. Jadi, yang menjadi pertanyaan adalah: Siapakah yang menguasai hidup anda, pelayanan anda, pekerjaan anda, bahkan gereja anda?            

Yang kedua, menarik bahwa angka 666 pernah muncul di Alkitab untuk menunjukkan jumlah emas yang diterima oleh Raja Salomo dalam 1 tahun (1Raja-raja 10:14). Jika kita melihat dalam Wahyu 13:17 maka kita melihat bahwa tanda ini berhubungan dengan jual beli atau ekonomi. Jika kita melihat dalam injil, maka kita akan mendapatkan bahwa Mamon (uang atau kekayaan) adalah musuh dari Allah. Jadi menurut saya, tanda 666 menunjukkanuang sebagai dewa / sesembahan / tuhan yang baru dalam dunia modern yang akan membuat banyak orang memuja dirinya. Dahi menunjuk kepada pikiran sedangkan tangan menunjuk kepada perbuatan. Tanda 666 yang diletakkan pada dahi dan tangan menunjukkan bahwa uang akan menguasai pikran dan tindakan banyak orang (termasuk orang Kristen) di akhir jaman. Bukankah hal ini sudah terjadi? Hampir seluruh kehidupan manusia modern diabdikan untuk menyembah allah yang satu ini. Bahkan tidak sedikit gereja, pelayanan, dan pendeta Kristen yang "melacurkan" dirinya kepada berhala yang satu ini. Bukankah hal ini yang justru harus kita perhatikan?     

Akhir kata, saya hanya mengajak saudara-saudara untuk dapat berpikir secara arif, bijaksana, berhikmat, brsikap kritis, dan memiliki pemahaman Alkitab yang sehat untuk dapat menyikapi berita-berita seperti di atas. Seperti yang dinasihatkan di Alkitab, "Berjaga-jagalah dan waspadalah." GBU all. 

0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post Home

Blog Archive